Bangkai Satelit roman Mungkin Jatuh di Indonesia

Berdasarkan laporan NASA yang menyebutkan akan adanya bangkai satelit UARS yang segera jatuh ke Bumi seperti berita sebelumnya Satelit Seberat 6,5 Ton Akan Menghantam Bumi Pekan Depan. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyatakan Indonesia harus waspada akan hal tersebut.
Bangkai satelit dari Upper Atmosphere Research Satellite (UARS) yang memiliki berat hingga 6 ton diprediksi oleh NASA, tiba pada hari Jumat, 23 September 2011.

Namun hingga saat ini NASA belum mengkonfirmasi negara mana saja yang patut waspada akan adanya kemungkinan menjadi tempat mendaratnya serpihan bangkai satelit tersebut. NASA mengklaim akan ada 26 bagian ketika UARS memasuki atmosfer bumi dengan berat masing-masing 159 kilogram.

"Potensi selalu ada, mengingat Indonesia merupakan negara yang berada di garis ekuator yang cukup panjang. Namun masyarakat Indonesia tidak perlu terlalu khawatir. Sebab luas pemukiman manusia lebih kecil dibandingkan luas laut dan hutan di Indonesia," jelas Thomas Jamaluddin, Ketua LAPAN kepada okezone, Senin (19/9/2011).

Thomas menambahkan kemungkinan besar UARS akan jatuh ke hutan dan laut. Wilayah Indonesia yang berpotensi jatuh pada umumnya di bagian Lintang Selatan tepatnya pada 57 derajat Lintang Selatan..

Comments (0)

Posting Komentar